Mencari Sesuatu ?

Loading...

08 October 2012

Tanaman Obat : KELAPA

Tanaman Obat

KELAPA
(Cocos nucifera, Linn.)

Nama Lokal :
Kelapa, nyiur (Indonesia), kambil, kerambil, klapa (Jawa).
Uraian :
Kelapa termasuk jenis tanaman palma yang mempunyai buah berukuran cukup besar. Batang pohon kelapa umumnya berdiri tegak dan tidak bercabang, dan dapat mencapai 10-14 meter lebih. Daunnya berpelepah, panjangnya dapat mencapai 3-4 meter lebih dengan sirip-sirip lidi yang menopang tiap helaian. Buahnya terbungkus dengan serabut dan batok yang cukup kuat sehingga untuk memperoleh buah kelapa harus dikuliti terlebih dahulu. Kelapa yang sudah besar dan subur dapat menghasilkan 2-10 buah kelapa setiap tangkainya.
Khasiat untuk kesehatan untuk mengobati sakit :
Keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, ketombe.
Komposisi :
Buah kelapa yang sudah tua mengandung kalori yang tinggi, sebesar 359 kal per 100 gr; daging kelapa setengah tua mengandung kalori 180 kal per 100 gr dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gr. Sedang nilai kalori rata-rata yang terdapat pada air kelapa berkisar 17 kalori per 100 gr. Air kelapa hijau, dibandingkan dengan jenis kelapa lain banyak mengandung tanin atau antidotum (anti racun) yang paling tinggi. Kandungan zat kimia lain yang menonjol yaitu berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun. Komposisi air kelapa antara lain asam askorbat atau vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium atau potassium. Mineral yang terkandung pada air kelapa ialah zat besi, fosfor dan gula yang terdiri dari glukosa, fruktosa dan sukrosa. Kadar air yang terdapat pada buah kelapa sejumlah 95,5 gr dari setiap 100 gr.

No comments:

Post a Comment